Cara Mengganti Hardisk Laptop


  
Memang mengganti hardisk pada laptop bukan pekerjaan yang ringan. Hardisk yang sudah dipasang di laptop masih memerlukan banyak rangkaian kegiatan,mulai dari partisi, menginstal OS dan melengkapi program yang ada. Biasanya bisa mengambil waktu berhari-hari bila aplikasi yang dibutuhkan banyak sekali.
Namun bisa sekejab bila menggunakan beberapa program penginstalan yang fleksibel. Memang mengganti hardisk laptop bisa bikin pusing, lebih baik serahkan pada ahlinya. Seperti teknisi laptop yang sudah berpengalaman, meskipun bisa saja bereksperimen dengan laptop sendiri.
Namun harus dilakukan secara sempurna agar laptop bisa lebih cepat dipakainya. Biasanya ditangan para teknisi, bisa 10 menit saja dalam mengganti hardisk dan sudah siap pakai. Namun inipun harus dilihat kondisi laptopnya, pada kerusakan hardisk yang tidak bisa dibackup memang mengakibatkan masalah yang serius dalam mengganti hardisk.
Backup hardisk lama menjadi penting saat system yang dibutuhkan untuk diinstal di hardisk yang baru. Bila tidak ada, maka install system bisa merupakan pekerjaan yang melelahkan. Meskipun sebenarnya ini pekerjaan ringan dan tak terlalu memusingkan.

Sesuaikan hardisk baru dengan yang lama

Bila gak ingin pusing memang lebih baik beli hardisk yang sejenis dengan hardisk yang lama. Baik di koneksi, rpm, dan kapasitasnya sekaligus. Namun bisa juga dengan kapasitas atau rpm yang lebih besar, tapi koneksinya harus sama dengan hardisk lama, baik itu SATA atau IDE, memiliki jenis koneksi yang berbeda.

Biasanya masalah timbul bila model hardisknya IDE yang lama, karena memang sulit mencari hardisk IDE yang baru. Biasanya yang ada hardisk second atau bekas, tentunya dengan resiko mudah rusak dengan cepat. Memang untuk ganti hardisk sebaiknya dengan yang baru, agar lebih awet dan bergaransi.

Memasang hardisk baru secara tepat

Saat memasang hardisk baru ke slot hardisk harus dilakukan secara teliti. Pastikan pin yang masuk sama dengan lubang yang ada di slot hardisk. Juga posisi saat memasangnya usahakan dalam kondisi tegak lurus atau sejajar dengan arah pin. Ini untuk menghindari pin hardisk menjadi bengkok atau bisa saja patah bila tidak masuk dengan sempurna.

Juga jangan dipaksakan bila masuknya pin agak susah, cek dan lihat apa yang menghalangi masuknya pin hardisk,. Bisa saja ada kotoran yang menghalangi, segera bersihkan dan pasang lagi secara pelan dan hati-hati. Setelah itu pasang bau penyanggah hardisk, dan tutup kembali panel hardisk.

Instal OS pada hardisk

Ini bisa menjadi pekerjaan yang menjemukan, bila tidak memiliki backup pada hardisk lama. Karena bila tidak ada akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menginstall OS di hardisk yang baru. Ini terutama pada program yang biasanya dipakai pada laptop tersebut.

Namun bila memiliki backup hardisk lama, install OS bisa lebih cepat. Paling 10 menit sudah bisa dipakai laptop tersebut. Namun bila gak mau pusing bisa kirim saja ke teknisi laptop untuk install OS pada laptop, namun sertakan program dan aplikasi yang dibutuhkan juga saat install OS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Hardisk Laptop"