SEJARAH STOP MOTION DAN PERKEMBANGANNYA


Hai Sobat Kreatif, kali ini aku akan share sedikit mengenai dunia animasi Stop Motion. Sudah pada tahu belum nih yang namanya Stop Motion ? Kalau belum tahu, berikut penjelasannya ^_^

Animasi Stop Motion,zona-kreatifku.blogspot.com, 085755187749

    Stop Motion adalah video animasi yang menggunakan teknik klasik, yakni menggabungkan beberapa foto yang dijepret setiap gerakannya dan digabungkan menjadi satu hingga membentuk sebuah video. Meskipun dalam tekniknya tergolong rumit karena harus menggerakkan objek satu per satu, namun animasi stop motion ini tetap banyak peminatnya, karena mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri. Stop motion adalah sebuah animasi dimana kita bisa "menghidupkan" objek/benda mati. Bicara soal Stop Motion, ternyata teknik ini punya sejarah yang panjang lho, Guys..
   
SEJARAH FILM STOP MOTION   

    Di dalam dunia film, obyek dalam Stop Motion menggunakan bahan tanah liat (Clay) yang mudah dibentuk, dan boneka yang menggunakan tali dan tangan (di Indonesia sendiri sering disebut wayang).

Adalah Albert E. Smith J Stuart Blackton, yang menggunakan teknik animasi Stop Motion dalam pertunjukan The Humpty Dumpty Circus pada tahun 1898. J. Stuart Blackton adalah orang pertama kali yang mengenalkan teknik ini dalam filmnya berjudul Fun in a Bakery Shop yang menggunakan clay. Selanjutnya pada tahun 1906, Stuart Blackton kembali membuat film animasi pendek dengan judulHumourous Phases of Funny Faces, yang dibuat dengan menggunakan media papan tulis dan kapur tulis. Lalu teknik tersebut semakin berkembang hingga pada tahun 1925,Willis OBrien mencoba membuat film tentang dinosaurus yang terbuat dari clay (plastisin/tanah liat) dengan judul The Lost World dan disusul dengan karya klasiknya berjudul King Kong pada tahun 1933. Sejak itulah Stop Motion sering disebut dengan Claymation. Beberapa film terkenal yang menggunakan teknik Stop Motion diantaranya Chicken Run (2000), Wallace and Gromit (1989), Coraline, Nightmare before Christmas dan Corpse Bride karya Tim Burton ( film favoritku >.< ), dan serial kartun Shaun The Sheep.

Film Animasi Stop Motion, zona-kreatifku.blogspot.com, 085755187749


CARA KERJA STOP MOTION

    Secara terminologi, Stop artinya berhenti, Motion artinya gerakan. Dengan kata lain, stop motion artinya animasi yang dibentuk dari gerakan putus - putus. Gerakan per gerakan tersebut di rekam lalu digabung menjadi satu dalam sebuah frame dan dirangkai menjadi sebuah animasi. Teknik menggunakan prinsip frame to frame. 

Proses Stop Motion, zona-kreatifku.blogspot.com, 085755187749


Untuk membuat animasi stop motion, bahan yang dibutuhkan diantaranya kamera, tripod sebagai penyangga kamera agar menghasilkan rangkaian foto yang konstan, objek yang akan dianimasikan, Lighting (lampu) untuk menghilangkan bayangan objek agar hasil video lebih memuaskan, dan seperangkat PC untuk proses editing hingga finishing.


PERKEMBANGAN ANIMASI STOP MOTION

    Lalu, bagimana perkembangan animasi klasik ini ? Kini perkembangan teknologi sangat pesat, terbukti dengan maraknya film - film animasi berteknologi CGI (Computer Generated Imagery) yang full 3D. Namun hal tersebut tak lantas membuat animasi stop motion dijauhi dari peminatnya. Salah satu film karya Tim Burton (Corpse Bride) merupakan film yang pertama kali menggunakan animasi Stop Motion teknik digital. Dan hasilnya sungguh luar biasa memuaskan.
    Yang membedakan animasi Stop Motion dengan animasi CGI salah satunya adalah keunikannya. Dengan Stop motion, kita bisa melihat obyek tersebut seakan - akan benar - benar ada, karena bahan yang dibuat pun nyata (real). Beda dengan animasi yang menggunakan teknik CGI, objeknya berupa hasil graphic komputer. Walaupun proses pembuatan animasi stop motion ini bisa dibilang rumit dan membutuhkan kesabaran yang lebih, tapi rasanya terbayar dengan melihat hasilnya.
   
Stop Motion Ulang Tahun, zona-kreatifku.blogspot.com, 085755187749

    Tak hanya digunakan dalam dunia perfilman saja, stop motion juga banyak digunakan untuk iklan-iklan komersial yang sering kita lihat di TV, video profil perusahaan, dan lain-lain.

    Nah, itu tadi sekilas tentang dunia animasi Stop Motion, sobat. Gimana ? apa kalian tertarik untuk berkreasi juga ? Mari gabung di Zona-Kreatifku dan berbagi ilmu kreativitas lainnya. Lets make a friend, and make the world more cheerfull with your Creativity !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH STOP MOTION DAN PERKEMBANGANNYA "